slide

Jumat, 08 Januari 2016

Dasar Pemikiran Berdirinya SMP IT Darussalam

Islam mengajarkan bahwa  tidak boleh bagi kita meninggalkan generasi penerus dibelakang kita, generasi yang lemah. Petunjuk ayat diatas mengharuskan untuk membangun generasi yang kuat, yang berpotensi dan beriman. Moralitas, intelektualitas dan skill yang penting keberadaanya guna mewujudkan apa yang dimaksudkan dari persoalan diatas. Yaitu untuk memperoleh kesejahteraan  baik hidup di dunia maupun hidup di Akhirat nanti.
Terlebih lagi zaman  seperti sekarang ini, kehidupan spiritual keislaman semakin hari semakin hilang terinduksi oleh mainstream modernitas zaman. Akulturasi budaya yang tak dapat terelakkan lagi bagi generasi-generasi sekarang. Sikap dan gaya hidup cenderung meninggalkan nilai keislaman dan bahkan budaya bangsa, yang lebih mereka pilih. Tidak demikian hal yang kita inginkan, akan tetapi generasi-generasi yang mampu dan mau untuk melanjutkan estafet keKhalifahan dalam menegakan Izzul Islam Wal Muslimin. Generasi-generasi yang akan membentuk komunitas masyarakat yang beradab dan berbudaya berdiri menghadang laju segala bentuk dan usaha negatif dari modernitas itu.

Belum tuntasnya penyelenggaraan wajib belajar 9 Tahun oleh pemerintah yaitu pada tingkat pendidikan dasar SD dan SLTP perlu upaya maksimal untuk mencapainya. Urgensi untuk mencapainya karena merupakan salah satu upaya untuk menyiapkan generasi-generasi yang dimaksud diatas. Terbukti dengan masih banyaknya anak yang setelah lulus SD yang tidak melanjutkan dan bahkan Drop Out ditengah masa belajar di SMP, oleh sebab kondisi ekonomi sosial budaya dan sebab lainnya yang tidak memungkinkan. Hal ini tergambar juga di Dusun Buduran Desa Kalikobok dan sekitarnya yang sebagian besar penduduknya buruh tani dan pekerja kasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar